130403 OPEN LETTER from KJK INDONESIA to ALL FOLLOWERS

Standard

Dear para followers kami tercinta….

Di open letter ini kami atas nama KJK Indonesia staffs mohon maaf yang sebesar-besarnya jika dalam dalam mengurus segala project terutama untuk KJK’s 7th Album with sign. Niat awal kami melakukan hal ini adalah berasal dari keinginan kami agar fans di Indonesia bisa merasakan kebahagiaan mempunyai sebuah album yang bertanda tangan asli dari KJK. Selain itu hal ini juga untuk meningkatkan angka penjualan album sendiri dan secara tidak langsung berarti kita juga membantu KJK sendiri, karena ini merupakan kali pertama JK Entertainment (perusahaan agensi milik KJK sendiri) memproduksi sebuah album.

Nah karena banyak dari fans di Indonesia tidak mempunyai paypal, maka dari itu kami putuskan untuk mencoba mengkoordinasi pembelian 7th album untuk Indonesia. Kami pun mencoba diskusi dengan pihak KJKGlobal (yang diutus Papitus untuk mengkoordinasi pembelian untuk fans diluar Korea dan Jepang). Dan karena dari staff KJK Indonesia juga tidak ada yang mempunyai paypal, kami mencoba merayu KJKGlobal untuk bisa melakukan pembayaran melalui Western Union. Mereka pun akhirnya setuju. Sekedar memanggil kembali ingatan kita proses (diskusi pembayaran-announcement ke followers-kolektif pembayaran dr pemesan-pembayaran ke KJKGlobal-penyerahan nama pemesan) ini sangat singkat, yaitu 3 HARI.

Setelah semua selesai, beberapa minggu berikutnya kami mendapat info dari KJKGlobal kalau album baru bisa dikirim pada bulan Februari karena kesibukan KJK. Sampai pada bulan Februari ada berita KJK mengadakan fanmeeting di Singapore. KJKGlobal kasih info ke kami kalau sign album pun akan dibawa dari Korea ke Singapore, maka salah satu staff kami yang pergi ke Fanmeet di Singapore janjian ketemuan di IMM. Begitu sudah sampai di IMM   ternyata katanya untuk yg INDONESIA belum ada.

Tanggal 10 Maret 2013, CD sampai di bangkok dan KJKG minta almat. Kami kasih dua alamat. Alamat Admn J dan MinA. Tdnya dgn tujuan untk menghindari kena cukai. Sebenernya kami juga minta pihak KJKG untuk kirimnya 2-4 CD sekali kirim dan dikirimnya bertahap saja. Hal ini untuk meminimalisir kena pajak dan cukai.

Tanggal 13 Maret 2013, Paket sudah mulai dikirim via EMS. Dan KJKG kasih dua nomer resi ini EE109950181TH & EE109950155TH. Sempet bingung… kenapa cuma 2 resi saja? Kerana harusnya ada beberapa karena kita mintanya kan dikirin 2-4 CD/paket. Tapi yasudahlah…. Agak tidak enak juga nanyanya berhubung kemarin itu mereka lagi berkabung *mau tutup/udah tutup*

Paket sendiri sudah sampai di Indonesia tanggal 15 Maret 2013, dan sorenya sudah di tangan bea cukai. Kemudian tanggal 28 Maret 2013, PPKP dr bea cukai sampe ke alamat MinA. PPKP itu semacam surat pemberitahuan bahwa paket kiriman kita sudai sampai, tapi harus bayar sejumlah uang dulu untuk mengambilnya. Sedangkan paket yang dikirim ke Admin J masih belum ada kabar juga.

Sabtu, 30 Maret 2013 Admin J bela-belain bolos kerja untuk ambil paket batch pertama ke kantor pos pusat Tanjung Priok, karena MinA sendiri masih sekolah dan belum pengalaman urus hal ini. Proses berjalan dengan lancar tanpa kendala apa pun.

Senin, 1 April 2013 Admin J penasaran karena MASIH belum ada kabar juga dari pihak pos ataupun bea cukai jadi Admin J coba telepon kantor pos pusat Bandara Soekarno Hatta dan bak disambar petir Admin J kaget karena kata petugas pos paket kita ketahan karena harus ada IZIN dari KOMINFO. Admin J tanya kenapa, padahal paket yang sebelumnya dengan isi dan pengirim yang sama baik-baik saja dan sudah sampai ke tangan kita. Jawaban petugas pos nya “Tidak tahu mbak, kan petugas cukai nya beda-beda”. Admin J tanya lagi bagaimana cara urus ke KOMINFO. Jawabannya “Tidak tahu mbak, kami kan Cuma pihak pos. Tanya bea cukai.”

Admin J pun telepon nomer bea cukai yang dikasih petugas pos tadi. Saat ditelepon petugai bea cukainya pun terdengar bingung dan berbelit-belit dalam memberi penjelasannya. Intinya disiruh datang saja ke kantor pos bandara Soetta tapi yang bisa diambil hanya 10 CD (isi batch 2 ada 14 CD) karena masalah IZIN KEMENDAG.

Selasa, 2 April 2013 Admin J ke kantor pos Bandara Soetta (lagi-lagi bolos kerja buat urus ini, bahkan kakak Admin J pun yang nganter & nungguin Admin J jadi ikutan bolos). Disini banyak banget kejanggalan dan ketidakberesan. Mau masuk saja urus dan bayar pass dulu sebesar 30 ribu rupiah. Dan Admin J pun dengan TERAMAT SANGAT TERPAKSA DAN BERAT HATI menyewa jasa calo, karena benar-benar buta sama kondisi disana tapi tidak percaya begitu saja dan lepas tangan. Admin J masih tetap yang urus sana sini, calonya sendiri hanya berfungsi agar urusan kita ini bisa diutamakan (antrian panjang) dan dia bertugas memberikan sentuha akhir (?) yang manis alias WIN WIN SOLUTION.

Pertama Admin J ke petugas pos untuk tracking, dan benar…bentrok sama izin KOMINFO, kemudian disuruh hadap bagian bea cukai. Setelah menjelaskan duduk perkaranya petugas cukai ini karena soal izin KEMENDAG (aneh bukan? Pertama bilang KOMINFO terus bilang KEMENDAG). Admin J pun mempertanyakan hal tersebut. Jawabnya “Oh..salah ini. Salah input yang benar KEMENDAG”. Saat Admin J bertanya paket yang sebelumnya lancar-lancar saja. Jawabannya “Oh itu berarti keteledoran kami. Ya anggap aja yang kemarin itu bonus” dan Admin J pun habis diomel-omelin dan diceramahin.

Akhir percakapan panjang intinya, “Pokoknya Cuma bisa ambil 10 aja ya, yang 4 CD di retur atau DIMUSNAHKAN” (WHAT??!!! SITU AJA YANG DIMUSNAHKAN….). Admin J memelas agar hal itu tidak terjadi. Jawabannya “Ya itu tergantung pihak pos mau atau tidak meretur. Kamu komunikasikan saja sama mereka”. Kemudian balik lagi ke kantor pos untuk merayu pihak pos agar 4 CD itu diretur. Akhirnya mereka mau dan Admin J disuruh balik lagi ke bea cukai untuk minta PPKP. Pas buat PPKP ini Admin J bohong tentang harga CD, bilangnya harga CD Cuma 10USD biar pajak dan cukainya murah.

Setelah PPKP jadi (untuk yang kesekian kali) balik lagi ke kantor pos untuk membuat surat jalan, barulah 10 CD bisa diambil. Sedih, karena cuma 10 CD. Disinilah pak calo beraksi dengan manufernya (FYI dia ini udah kenal semua sama petugas pos). Kami temui salah satu petugas pos yang akan meretur 4 CD. Pak calo merayu agar 4 CD bisa dibwa pulang juga dan dia pun mau asalkan ada KEBIJAKAN dari Admin J. Tadinya uang kebijakan yang dia minta itu 250 ribu (WHAT?!!), kata pak calo “Jangan begitu lah pak. Ini 10 CD kena pajaknya aja cuma 140 ribu, masa 4 CD 250 ribu. 100 ribu aja ya” dan dia pun setuju. Selamatlah semua album. Begitu mau keluar HARUS BAYAR LAGI uang SATPAM sebesar 20 ribu (WHAT THE….). Selesailah semua urusan dan pak calo itu minta uang jasa sebesar 100 ribu dengan alasan lama urus ini nya (Memang sih. Dari jam 9 sampai hamper setengah 3 sore alias 5 JAM).

Kami dari KJK Indonesia juga mau menyampaikan permintaan maaf, karena di batch ke 2 ini pas dibuka paketnya, ada 3-4 album yang kondisinya kurang mulus karena dari awal memang sudah tidak tersegel dan lamanya paket di tertahan dibea cukai. FYI saat Admin J ke gudangnya, pengangannya barang-barangnya benar-benar PARAH..CARELESS banget.  Untuk kondisi poster, karena dari KJKGlobal kirimnya (Batch 1 dan 2) tidak digulung tetapi dilipat jadi lumayan lecek. Ini ternyata kita dapat official poster dari JK Entertainment dan dapet bonus dari KJKGlobal berupa kalender postcard.

Sekali lagi kami minta maaf kalau nanti pas terima kalian kurang atau bahkan tidak puas, karna hal tersebut juga diluar kekuasaan dan tanggung jawab kami dan kami pun menerimanya sudah dalam kondisi yang demikian adanya.

Akhir kata, inti dari Open Letter ini… kami dari KJK Indonesia memutuskan dan menyatakan untuk tidak membuka lagi PO seperti ini dikarenakan kesibukan sumber daya kami dan dalam hal ini Admin J mengurusnya sendirian, kerena Staff lain berada diluar Jakarta. Mungkin kalau KJK kembali mengeluarkan album, kami hanya membuka PO untuk album non sign (tapi tetap asli dari Korea) karena kami kenal dengan importir resmi di Indonesia jadi nantinya  tidak perlu berhubungan dengan pajak dan bea cukai.

Untuk kesekian kalinya kami atas nama KJK Indonesia staff mohon maah atas segala kekurangan kami dalam menangani project ini dan terima kasih banyak atas perngertian dan kerjasamanya.

Best Regards,
KJK Indonesia

3 responses »

  1. dimusnahkan!? gila. ngomongnya enak banget…..

    wah min, perjuanganmu sungguh sangat dihargai…. kalau ada yang protes, suruh mereka urus sendiri ke bagian bea cukai….
    *karena inilah aku paling nggak suka sama birokrasi indonesia….*
    itu orang2 kalau admin kasih duit baru tuh langsung dikasih barangnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s